Kamis, 26 Januari 2012

4 solusi memperbaiki harddisk rusak atau tak terbaca...

 berawal dari pengalaman memiliki harddisk yang tiba - tiba tak terbaca, dari sinilah semua pengembaraan bermula. bukan kepalang pusingnya disaat thailand banjir dan harga harddisk melambung tinggi sampai 3 kali lipat..
.

langsung aja deh kita bahas beberapa trik menanggulangi harddisk bermasalah.

1. Back up data
hal pertama yang perlu diperhatikan adalah data,  data penting di harddiskmu masih bisa dikembalikan walaupun harddiskmu tak terbaca diwindows. ingat, jangan buru - buru format harddiskmu demi keselamatan data.
gunakan berbagai software recovery data, jika harddiskmu tak terbaca di satu program maka gunakan program yang lain. salah satu program yang penulis coba untuk mengembalikan data adalah stellar phoenix for windows. jika sotware ini tidak optimal dalam kasusmu maka gunakan om google untuk mencari software sejenis lainnya.

2.  Format harddisk.
jika harddiskmu tak terbaca maka sebagian besar solusi yang pernah ada ialah memformat harddiskmu. entah itu menggunakan software seperti partition wizard, partition magic, partition assistant, dan banyak lainnya. atau kamu juga bisa menggunakan disk management yang ada di windows 7.

langkah ini tentunya harus diawali dengan back up data.
dan kasus ini akan berbeda jika kamu menggunakan harddisk portable, coba cek perangkat pendukung seperti kabel usb nya, atau slot yang digunakan.

3. Hilangkan Bad sector
nah, jika harddiskmu sudah memeberikan tanda - tanda bad sector maka itulah yang pertama - tama harus dihilangkan. ciri - ciri harddisk dengan bad sector biasanya ditandai dengan akses data yang tersendat - sendat sehingga dengan kata lain membuat kompie lelet atau freeze.
periksa harddisk yang terkena bad sector dengan software HDD tune atau langsung regenerate ulang bad sector tersebut dengan HDD Regenerator.

jika bad sector sudah hampir mendominasi disemua sisi harddisk kemungkinan besar harddisk sudah tidak tertolong.

4. Low level format
LLF bukan seperti memformat harddisk pada point 1. LLF format adalah proses memformat harddisk dengan menggerus semua piringan harddisk dan mengembalikan harddisk seperti pertama dikeluarkan pabrik.
ini adalah solusi terakhir yang memungkinkan mengingat resiko jika LLF putus ditengah jalan akan membuat harddisk benar - benar tak bisa digunakan lagi. dan LLF sangat beresiko karena hanya dengan sentuhan LLF yang sedang berlangsung bisa gagal dan juga berpotensi membuat harddisk overheat.




untuk sofwarenya silahkan ketik Low level format di om google, ntar munsul kok.

NB:
jangan cepat menyerah, jika satu software tidak memberikan jawaban maka masih ada puluhan software lain yang menunggu untuk kamu gunakan..
semoga membantu...

0 komentar:

Posting Komentar